Kanopi: Pembahasan lengkap dari fungsi hingga harga

Penjelasan-Tentang-Kanopi

Cuaca di negara tropis memang sangatlah terik, butuh treatmen khusus agar hunian Anda bisa nyaman. Salah satu elemen rumah yang perlu Anda perhatikan adalah kanopi. Kanopi rumah merupakan rangka dan atap yang biasanya dipasang di beranda depan rumah atau bangunan.


A.PENGERTIAN KANOPI

Kanopi merupakan suatu penutup seperti atap tetapi tidak mempunyai dinding. Kanopi atau biasa juga disebut Canopy pada umumnya digunakan sebagai penutup pintu, balkon dan juga sebagai atap pelindung mobil dari sinar matahari dan hujan.

Dunia properti yang semakin berkembang, bentuk dan model kanopi rumah juga menyesuaikan dengan tren yang ada.

Saat ini model kanopi rumah bervariasi seperti bentuk segitiga, dome, kurva maupun datar yang saat ini digandrungi oleh para pemilik rumah minimalis di kota-kota besar.


Bahan dari kanopi rumah pun kini makin beragam, seperti stainless stell, zingalum, polikarbonat dan juga kaca. Saat ini yang menjadi idola adalah kanopi yang terbuat dari kaca. Kanopi yang terbuat dari kaca akan memberi kesan terang dan terkesan modern.

Untuk desain dan warna pada kanopi rumah minimalis dapat disesuaikan dengan fasad rumah Anda. Selain itu untuk mengurangi kesan kaku pada kanopi rumah, Anda bisa menambahkan tanaman rambat pada kerangka kanopi. Hal ini tentu akan membuat kesan indah dan juga elegan. Tambahkan pula pot-pot tanaman disekitar area kanopi. Teras rumah Anda akan menjadi semakin asri dan indah.


B.FUNGSI KANOPI

Kanopi banyak digunakan di beberapa bangunan umum selain rumah pribadi seperti pada bangunan masjid, hotel, rumah sakit, kost-kostan dan berbagai bangunan lainnya dikarenakan oleh manfaat dari penggunaan kanopi tersebut. Ada berbagai macam pilihan kanopi, mulai dari desain, rangka, model, dan bahan material nya, semua itu tak lepas dari tujuan yang sama.

Kanopi berasal dari kata canope (Bahasa Perancis) dan canopeum (Bahasa Latin) artinya berkaitan dengan desain interior tempat tidur  yang mempunyai 4 tiang dengan kain atau tirai menutupi bagian atas maupun samping sebagai pelindung dari benda-benda yang jatuh dari atas tempat tidur maupun sebagai pelindung dari udara yang dingin serta melindungi dari nyamuk. Namun kini telah memasuki masa yang semakin modern, kanopi memiliki pengertian yang meluas beserta fungsi serta penerapannya pada bangunan luar (Desain Eksterior) terutama pada rumah minimalis yang tengah menjamur dan menjadi eksistensi uniknya desain eksterior rumah minimalis. Ada 5 fungsi desain kanopi rumah minimalis sederhana, yang secara fungsional terdapat beberapa manfaat dan keuntungan antara lain yaitu :


1. Sebagai pelindung.

Fungsi pertama kanopi adalah melindungi halaman rumah ataupun teras serta garasi mobil di luar rumah dari sengatan cahaya matahari langsung maupun basah dari guyuran air hujan. Selain itu juga melindungi dari benda-benda yang jatuh dari ketinggian rumah, ataupun dari daun-daun tua serta tangkai yang kering berjatuhan tertiup angin. sehingga halam rumah dan garasi tetap terjaga kebersihannya. Aplikasi kanopi di garasi luar atau halaman rumah dapat melindungi barang-barang berharga di halaman rumah agar tidak tersengat terik sinar matahari secara langsung, dan hujan sekalipun, sehingga mempertahankan warna kondisi barang tersebut tetap baik dan terhindar dari kerusakan akibat air hujan maupun teriknya sinar matahari langsung.


2. Menciptakan suhu udara dan suasana lebih teduh.

Fungsi kanopi disamping melindungi juga menyaring dan menyerap panas dari sinar matahari langsung, sehingga cahaya silau dan panas yang masuk ke halaman rumah sudah dikurangi dan difilter oleh kanopi. Terutama jika kanopi itu didesain seperti atap yang menutupi rumah dengan baik, maka udara akan terasa lebih sejuk dan tidak terlalu panas pada siang hari.


3. Melengkapi desain eksterior.

Mungkin Anda pernah mengalami, yang baru saja menyelesaikan pembangunan rumah merasa ada yang kurang dengan bangunan luar di rumah Anda? Atau Anda ingin memiliki desain eksterior rumah yang berbeda dengan rumah tetangga di samping Anda? Nah, dengan mendesain rangka kanopi seunik mungkin dengan model yang minimalis untuk atap halaman rumah Anda atau garasi luar dan juga balkon. Atau jika jemuran berada di halaman rumah, pasanglah kanopi sebagai percantik desain eksterior rumah minimalis Anda agar lebih lengkap dan modern.


4. Mempercantik tampilan luar rumah

Buatlah teras dan halaman rumah Anda lebih menarik serta terlindungi dengan rangka kanopi yang minimalis dengan desain ideal sesuai dengan fasad rumah Anda. Dengan demikian, rumah Anda akan terlihat lebih indah, lebih elegan dan akan sangat berbeda dengan rumah tanpa kanopi.


5. Menghemat material bangunan bagian atap.

Menghemat material bangunan atap sangat penting, untuk meminimalisir pengeluaran dalam pembangungan rumah, bayangkan jika tidak ada kanopi dalam kombinasi bahan material atap bangunan rumah Anda, menggunakan genting secara keseluruhan bagian atap rumah dan halaman mungkin akan lebih mahal. Saat ini kanopi banyak sekali jenisnya, harga sesuai dengan bahan material yang dipakai dan sangat bervariasi mulai dari berbahan material besi, stainless steel, baja ringan dll.


C.JENIS BAHAN ATAP KANOPI

4 Jenis atap kanopi-Mengingat fungsi carport untuk melindungi kendaraan, maka pembuatannya pun harus memperhatikan beberapa elemen penting agar fungsinya juga maksimal. Misalnya saja, pada pemilihan bahan material yang akan digunakan untuk kanopi carport.

Dalam penggunaan material kanopi carport ada baiknya disesuaikan dengan desain karport dan desain rumah itu sendiri. Konsep yang dibuat juga harus selaras karena letaknya yang menyatu dengan fasad rumah, sehingga carport akan nampak harmonis dan menyatu dengan rumah.

Dalam pemilihan kanopi, hal yang paling penting adalah rangka yang kuat, ringan dan tahan akan cuaca apapun.Jenis bahan rangka yang umum di gunakan saat ini adalah Besi, Stainless, dan Baja Ringan.

Selain rangka jenis atap kanopi nya pun harus sangat di perhatikan,ada beberapa jenis atap yang umum di gunakan untuk atap kanopi khusus nya kanopi garasi atau kanopi carport.

Berikut ini merupakan berbagai jenis material yang bisa Anda gunakan pada kanopi carport.


1. Jenis Atap Kanopi Alderon (roof toof)

Atap Rooftop adalah atap uPVC ( unplasticizide Polyvinyl Chloride ) yang akhir-akhir ini menjadi tren pada bangunan-bangunan berkualitas di Indonesia. Dengan menggunakan Rooftop, tidak diperlukan lagi insulasi penahan panas dan suara berisik. 

Konstruksi rongga udara twin wall Alderon Deck/Rooftop berfungsi ganda untuk menahan panas dan juga kedap suara di saat hujan. Konstruksi Rooftop sangatlah kuat, dengan kemampuan menahan beban sampai dengan 150 kg.

Atap Alderon/Rooftop tidak akan pecah meski di injak dan dilompati diatasnya.


Keunggulan  Atap PVC
- Ruangan di dalam sejuk tanpa perlu insulasi
- Rongga udara twin wall semakin mengurangi panas
- tidak akan berkarat selamanya, tahan terhadap asam dan garam
- anti bocor
- lapisan anti-UV
- tidak menjalarkan listrik
- hemat rangka dan gording
- telah umum dipakai di eropa dan negara-negara Asia lainnya
- Tersedia dalam tipe Solid ( 0% tembus cahaya) dan semi transparan ( 20% tembus cahaya)
- Garansi 10 tahun
- Sangat kuat, tidak akan pecah meski diinjak
- Menggunakan interlock system
- Tahan terhadap asam dan garam
- Kedap suara ( tidak berisik) saat hujan
- Warna: biru, putih
- Lebar efektif : 0.77 Mtr
Aplikasi:
- atap gudang dan pabrik
- peternakan dan agrikultur
- rumah
- penghubung jalan
- garasi dan canopy
- teras
- dll



2.Jenis atap Kanopi Kaca

Kanopi dengan bahan kaca tentu lebih memungkinkan cahaya matahari menembus ke dalam. Bentuknya yang transparan dan ringan membuat kaca mudah pecah sehingga pada umumnya pemasangan kanopi kaca dipasang rangkap dua. Maksud dari hal ini adalah jika kaca tertimpa benda dari atas hanya akan mengalami retak. Pastikan juga dalam pemasangan kaca telah benar.



3.Jenis Atap Kanopi Polycarbonate

Material yang terbuat dari polikarbonat lebih berkarakter ringan dan sangat cocok digunakan pada rumah yang bertema modern. Material berjenis polikarbonat memiliki bahan lembaran plastik yang mempunyai rongga untuk menyerap sinar matahari. Biasanya polikarbonat diberi sealant dan disekrup pada balok rangka atap. Fungsi dari sealant ini untuk melindungi bahan dari rembesan air hujan.


4.Jenis Atap Kanopi Spandek 

Atap spandek adalah atap yang terbuat dari alumunium dan seng. Beberapa produsen juga acapkali
menambahkan silikon untuk meningkatkan kelenturan dari atap tersebut. Adapun perbandingan komposisi yang umum dipakai untuk membentuk atap spandek misalnya alumunium 55 persen, seng 43 persen, dan silikon 2 persen.

   Campuran dari ketiga bahan di atas dapat menghasilkan suatu jenis atap rumah yang gampang dibentuk, kokoh, dan awet. Di samping itu, bagian permukaan atap spandek juga sengaja dibuat sedemikian rupa agar mudah ditempeli cat sehingga proses pengecatannya dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Hal inilah yang menjadikan atap spandek cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan manufaktur dan bangunan.

  Atap spandek biasanya diaplikasikan sebagai penutup atap pabrik, gudang, ruko, mall, dan lain-lain. Ukuran ketebalan atap yang tersedia di pasaran berkisar antara 0.3, 0.35, 0.4, 0.45, dan 0.5 mm. Sedangkan ukuran lebar bentangannya pun sangat bervariasi. Begitu pula dengan pilihan warnanya yang juga beragam mulai dari hitam, putih, abu-abu, biru, merah, hijau, cokelat, kuning, jingga, dan ungu.

 Soal daya tahannya, atap spandek sering diklaim sebagai salah satu material yang paling awet. Rata-rata kekuatan atap ini sanggup bertahan hingga lebih dari 20 tahun. Perpaduan antara seng dan alumunium juga membuat atap spandek memiliki sifat yang antikarat.

Tetapi di sisi lain, daya serapnya terhadap sinar matahari juga relatif tinggi. Area yang ditutupinya pun akan terasa lebih gerah sehingga kurang pas bila diaplikasikan pada hunian rumah tinggal. Hal ini terjadi mengingat bahan dasar pembentuk atap spandek yang notabene logam merupakan konduktor yang baik.

  Ukuran tingkat ketebalannya yang cukup tipis juga sering menimbulkan risiko lain. Contohnya jika tidak sengaja terinjak, maka atap spandek ini gampang melengkung. Sehingga mau tidak mau Anda wajib mengerjakan proses pemasangan atap spandek dengan sangat hati-hati.


D. HARGA KANOPI

Daftar harga kanopi minalis murah
NoMaterialAtapHarga/m2
1Baja Ringan (double)Zincalume 0,35mmRp. 335.000
2Baja Ringan (double)OndulineRp. 365.000
3Baja Ringan (double)Go greenRp. 310.000
4Baja Ringan (double)Twinlite 5mmRp. 405.000
5Baja Ringan (double)Solarlite 5mmRp. 365.000
6Baja Ringan (double)Xlite 5mmRp. 345.000
7Baja Ringan (double)AlderonRp. 535.000
8Besi hollowZincalume 0,35mmRp. 400. 000
9Besi hollowOndulineRp. 400. 000
10Besi hollowGo greenRp. 400.000
11Besi hollowTwinlite 5mmRp. 650.000
12Besi hollowSolarlite 5mmRp. 550.000
13Besi hollowXlite 5mmRp. 450.000
14Besi hollowAlderonRp. 875.000

Untuk tipe kanopi minimalis yang pertama ini daftar harga kanopi berdasarkan rangka yang digunakan yaitu kanopi baja ringan.
  1. Kanopi Bajaringan Atap Onduline
Rangka : baja ringan (profil c75, reng 33) Double
Atap ; Ondulen
Pengecatan:-
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter Rp. 365.000 tersebut costumer sudah terima bersih.


  1. Kanopi Baja Ringan Atap Spandek/Zincalume
Rangka : baja ringan (profil c 75, reng 33)Double
Atap : zincalume/spandek 0,35mm
Pengecatan :-
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter Rp. 335.000 tersebut costumer sudah terima bersih.


  1. Kanopi Baja Ringan Atap Gogreen
Rangka : baja ringan (profil c75, reng 33) double
Atap : go green
Pengecatan : –
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter Rp. 310.000 tersebut costumer terima bersih


  1. Kanopi Baja Ringan Atap Policarbonat
Rangka : baja ringan (profil c75, reng 33) double
Atap : policarbonat (xlite, solarlite, twinlite)
Pengecatan :-
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter Rp. 345.000 s/d Rp. 395.000 tersebut sudah terima bersih.


  1. Baja Ringan Atap Alderon
Rangka : baja ringan (profil c75, reng 33) double
Atap : alderon
Pengecatan :-
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter Rp. 535.000 tersebut costumer sudah terima bersih.
Untuk tipe kanopi minimalis yang kedua ini daftar harga kanopi berdasarkan rangka yang digunakan yaitu kanopi besi hollow.
  1. Harga Kanopi Minimalis Besi Hollow Atap Onduline
Rangka : besi hollow alt 1 (40×40), alt 2 (40×80)
Atap : onduline
Pengecatan : semprot, meni, cat minyak
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter Rp. 400. 000 tersebut costumer sudah terima bersih
Perbedaan rangka (alt 1, 2, 3) + kuda-kuda selisih Rp. 35.000 permeter.


  1. Harga Kanopi Minimalis Besi Hollow Atap Spandek/Zincalume
Rangka : besi hollow alt 1 (40×40) alt 2 (40×60) alt 3 (40×80)
Atap : zinczlume 0,35mm
Pengecatan : semprot, meni, cat minyak
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter Rp. 400. 000 tersebut costumer sudah terima bersih.
Perbedaan angka (alt 1, 2, 3) + kuda-kuda selisih Rp .35.000 permeter


  1. Harga Kanopi Minimalis Besi Hollow Atap Gogreen
Rangka : besi hollow alt 1 (40×40), alt 2 (20×60), alt 3 (40×80)
Atap : go green
Pengecatan : semprot, meni, cat minyak
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter Rp. 400. 000 tersebut costumer sudah terima bersih
Perbedaan rangka (alt 1, 2, 3) + kuda-kuda selisih Rp. 35.000 permeter


  1. Harga Kanopi Minimalis Besi Hollow Atap Policarbonat
Rangka : besi hollow alt 1 (40×40) alt 2 (40×60) alt 3 (40×80)
Atap : x-lite 5mm, solarlite 5mm, twinlite 5mm
Pengetcatan : emprot, meni, cat minyak
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter xlite (450.000) solarlite (550.000), twinlite (6500.000)
Perbedaan rangka (alt 1, 2,3) + kuda-kuda selisih Rp. 35.000 permeter.


  1. Harga Kanopi Minimalis Besi Hollow Atap Alderon
Rangka : besi hollow alt 1 (40×40) alt 2 (40×60) alt 3 (40×80)alt 4 (50×100)
Atap : alderon
Pengecatan : semprot, meni, cat minyak
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter Rp. 875.000 tersebut costumer terima bersih
Perbedaan rangka (alt 1, 2, 3) + kuda-kuda selisih Rp. 35.000 permeter


  1. Harga Kanopi Minimalis Besi Hollow Atap Kaca Tempered
Rangka : besi hollow alt 1 ( 40×40) alt 2 (40×60) alt 3 (40×80)
Atap ; kaca tempered 8mm
Pengecatan : semprot, meni, cat minyak
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter Rp. 1.250.000 tersebut costumer sudah terima bersih
Perbedaan rangka (alt 1, 2, 3) + kuda-kuda selisih Rp. 35.000 permeter


  1. Harga Kanopi Minimalis Besi Hollow Atap Kain Recasens
Rangka : besi hollow alt 1(20×20) alt 2 (30×30) alt 3 (40×40)
Atap : policarbonat+kain recasens
Pengecatan : semprot meni, cat minyak
Gratis ongkos kirim
Garansi bocor
Harga permeter Rp. 685.000 tersebut costumer sudah terima bersih
Perbedaan rangka (alt 1, 2, 3) + kuda-kuda Rp. 35.000 permeter.



E.CARA MENGHITUNG BIAYA PEMBUATAN KANOPI

Pertama kita harus tahu dulu berapa luas atau volume kanopi yang di butuhkan atau yang akan kita buat tentunya dalam satuan meter.

Mari kita mencoba untuk melakukan perhitungan pembuatan kanopi rumah minimalis standart yang umum di gunakan.dengan menggunakan contoh gambar di bawah ini

Contoh:
Jika kita mempunyai rumah dengan lebar depan 7 m seperti di atas dan akan dibangun kanopi besi minimalis, pada bagian carpot nya saja misal lebar 3,5 m dan Panjang carpot nya 5 m ,sedangkan bagian lainya di depan teras agar tidak tampias di pasang sedikit kanopi(seperti gambar di atas)dan bagian taman nya tetap di biarkan kosong,"untuk menampil kan kesan halaman lebih luas dan asri".

Lalu "bagaiman Cara menghitung biaya pembuatan kanopi tersebut????" 
Mari kita hitung sama sama!.



Cari Volume Atau Luas Kanopi


1. Kita hitung luas kanopi di baian carpot nya dulu,dari ukuran lebar lokasi bagian carpot 3,5m kita tambah 15cm kiri dan 15cm kanan dan ke depan kita tambah 50cm Fungsi nya adalah agar carpot kita tertutup dan tidak tampias saat hujan. Jadi 3,5m +0,15+0,15 x 5m+0,5m = 20,9m Sekarang kita sudah tau luas kanopi di bagian carpot nya adalah 20,9m

2. Lalu kita hitung luas kanopi di depan teras  yaitu 3,2 m x 1,5 m = 4,8 m2 catatan: kanopi jangan terlalu panjang max 1,5m atau min 1m,Karena akan mengganggu ke asrian halaman anda.di sini kita menggunakan ukuran 1,5m untuk luas kanopi bagian teras nya adalah 4,8m


Cari Harga Kanopi Per Meter


Setelah kita mengetahui luas dari kanopi yang akan kita buat sekarang kita tinggal mencari berapa harga kanopi per meter nya.Perlu di ingat di setiap penyedia jasa bengkel las pembbuat kanopi tentunya memiliki harga yang berbeda tapi perbedaan nya tidak akan terlalu jauh.agar lebih mudah mencari harga kanopi per meter anda bisa mencari nya di internet,Banyak website yang memberikan info harga kanopi permeter.

Misal kita menggunakan harga dari bengkel kami bengkel arbainlas yang bisa lihat dalam postingan Harga kanopi per meter 2019 

Maka Selanjutnya Kita tinggal mengalikan luas Kanopi dengan harga Kanopi rumah yang sudah Kita dapat dari bengkel arbainlas sebagai salah satu jasa pemasangan kanopi seperti berikut:

Menghitung biaya pembuatan kanopi
Kanopi carpot    : 20,9 m2 x Rp.350.000,00    =  Rp. 7.315.000,
Kanopi teras      : 4,8 m2 x Rp.350.000            = Rp. 1.680.000
Jumlah                                                              = Rp.8.995.000

Jadi sekarang kita sudah mendapatkan rencara anggaran untuk pembuatan Kanopi Rumah Minimalis dari cara perhitungan di atas

Selanjut nya setelah anda mengetahui berapa anggaran yang harus anda keluar kan untuk membuat kanopi di rumah anda,sekarang anda tinggal mencari bengkel penydia jasa pembuatan dan pemsangan kanopi dengan kualitas terbaik.atau jika anda tidak mau repot untuk mencari dan datang ke bengkel las penyedia jasa pembuatan kanopi anda bisa menggunakan jasa kami,Jika tertarik silahkan hubungi kontak kami,dengan senang hati kami akan membantu anda.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kanopi: Pembahasan lengkap dari fungsi hingga harga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel